TINGKATKAN PERAN DI BUMN KLASTER PANGAN, BGR LOGISTICS BANGUN MOBILE COLD STORAGE DI KELAPA GADING DAN MERESMIKANNYA

 

JAKARTA, 25 Agustus 2021 – PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics resmikan Mobile Cold Storage di komplek pergudangan Divre DKI Jakarta.

Mobile Cold Storage tersebut diresmikan langsung oleh M. Kuncoro Wibowo, Direktur Utama BGR Logistics dan didampingi oleh Jajaran DIreksi serta perwakilan Dewan Komisaris BGR Logistics.

Tri Wahyundo Hariyatno, Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics menjelaskan bahwa fasilitas mobile cold storage di Divre DKI Jakarta yang terletak di Kelapa Gading ini mengoptimalkan lahan seluas 5.000 M2  dengan luas bangunan 850 M2, menggunakan material rigid pavement beton K-400 yang dikerjakan oleh tim selama 6 bulan.

Fasilitas tersebut memiliki 5 coldroom, 1 Anteroom dan Dryroom, dengan total mesin 17 terdiri dari 10 mesin condensing daikin untuk freezer, 4 untuk anteroom, 2 untuk receiving dan 1 untuk loading.

Ke depannya akan digunakan untuk menyimpan produk-produk pangan yang membutuhkan ruangan penyimpanan dengan standar suhu berpendingin khusus. Produk pangan tersebut merupakan produk-produk dari BUMN Klaster Pangan maupun non BUMN Klaster Pangan.

Selain itu, mobile cold storage ini juga bisa digunakan untuk menyimpan obat-obatan bahkan untuk menyimpan vaksin juga bisa, jelas Tri Wahyundo dalam laporannya.

M. Kuncoro Wibowo menyampaikan bahwa dengan bergabungnya BGR Logistics ke dalam BUMN Klaster Pangan dan core bisnis BGR Logistics yang memang sebagai Beyond Digital Logistics Company, sudah seharusnya meningkatkan service level kepada pelanggan serta mempertajam peran logistik dalam BUMN Klaster Pangan.

Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah dalam upaya menekan cost logistics di Indonesia, tidak terkecuali pada sektor pangan. Jika urusan atau rantai pasok logistik dapat di urus oleh satu Perusahaan logistik yang kompeten maka akan tercipta satu efisiensi yang nantinya akan dapat dirasakan juga sampai ke masyarakat di Indonesia.

Mewakili Dewan Komisaris BGR Logistics, Freddy Alex Damanik menyampaikan apresiasi atas kesigapan BGR Logistics dalam melakukan inovasi bisnis dan melihat peluang usaha ke depannya. Dengan adanya mobile cold storage ini, Dewan Komisaris berharap dapat meningkatkan kinerja Divre DKI Jakarta serta dapat menambah pendapatan bagi Perusahaan.

Selain mobile cold storage, pada kesempatan tersebut juga diresmikan fasilitas umum di Divre DKI Jakarta berupa mess untuk karyawan yang dilengkapi dengan kawasan danau lengkap dengan fasilitas olahraga berupa jogging track. Tujuannya adalah agar karyawan BGR Logistics yang berasal dari daerah namun penempatan kerja di Jakarta tidak lagi kesulitan terkait tempat tinggal, selain itu kenyamanan, kebugaran dan Kesehatan karyawannya juga tetap terjaga karena lengkap dengan view Kawasan danau dan sarana olahraganya.

Dengan demikian karyawan BGR Logistics dapat fokus bekerja tanpa harus memikirkan tempat tinggal, harapannya produktifitas karyawan semakin meningkat dan optimal, kata Kuncoro.